Home / info dunia / Unjuk Rasa Tentang Israel di Turki, Diduga Jadi Kampanye Terselubung Salah Satu Calon

Unjuk Rasa Tentang Israel di Turki, Diduga Jadi Kampanye Terselubung Salah Satu Calon

Dilansir dari Sputnik Turki, demo yang dilakukan Jumat (18/05) berisi kampanye terselubung dibalik aksi penentangan terhadap pasukan Israel yang menyerang warga Palestina saat protes setelah pengalihan Kedutaan Besar Israel ke Yerusalem.

Memang bisa dikatakan bentrok antara warga Palestina dan pasukan militer Israel, Kamis (17/05) kemarin merupakan bentrok terparah sejak 2014 lalu. Hal tersebut karena bentrok itu menewaskan lebih dari 60 orang di saat memasuki puasa hari pertama di Ramadhan tahun ini.

Pemerintah Turki, diwakili oleh pejabat negara yang menggelar acara aksi tersebut membuat pernyataan mengutuk Israel dan mengumumkan bahwa itu akan mengatur unjuk rasa hari ini di Istanbul. Meski begitu banyak yang menganggap Aksi tersebut diduga hanya kampanye terselubung, sebab tahun ini Turki sedang memasuki tahun pemilu 2018.

Çiğdem Topçuoğlu, salah satu perempuan yang kehilangan suaminya karena serangan terhadap kapal Mavi Marmara Israel (8 tahun lalu), yang membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza, menganggap unjuk rasa itu kampanye terselubung. “Demonstrasi yang akan diadakan Jumat ini untuk pemilihan umum, bukan untuk Yerusalem,” kata seperti terkutip dari Sputnik.

Çiğdem Topçuoğlu, istri dari Çetin Topçuoğlu, yang merupakan salah satu dari 10 orang yang tewas dalam serangan di kapal Mavi Marmara, yang saat itu mengangkut bantuan kemanusiaan ke Gaza pada 31 Mei 2010, bereaksi terhadap aksi unjuk rasa yang akan diadakan di Yenikapi.

Menurut National Newspaper, Topçuoğlu menulis:

“Jika perjanjian dengan Israel tidak dihentikan, jika perjanjian Mavi Marmara tidak dibatalkan, jika hubungan komersial dengan Israel tidak terputus, jika tentara tidak dikirim ke Qatar dan tentara dikirim ke Yerusalem, unjuk rasa pada hari Jumat ini akan digelar untuk pemilihan bukan lagi untuk untuk Yerusalem.”

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *