Home / info dunia / Uni Eropa: Turki Harus Terapkan Bebas Visa Untuk Masyarakat Republik Siprus
foto: flickr.com/photos/lancashire/3608098038/

Uni Eropa: Turki Harus Terapkan Bebas Visa Untuk Masyarakat Republik Siprus

Turkinesia.com – Sebuah laporan yang telah disetujui oleh Parlemen Eropa, Rabu (04/07) menyebutkan bahwa Turki harus mengakui Republik Siprus agar warganya tidak lagi tunduk pada pembatasan visa di daerah Schengen. Dengan kata lain Uni Eropa meminta Turki untuk menerapkan bebas Visa bagi warga Republik Siprus.

Dilansir dari Deutsche Welle, laporan tersebut menekankan bahwa prasyarat untuk meluncurkan negosiasi dengan Turki terkait pemenuhan Turki atas kewajiban horisontal berupa kerja sama penuh, efektif, dan non-diskriminatif dengan semua Negara Anggota Uni Eropa pada isu States on justice and home affairs. Dan Republik Siprus merupakan salah satunya.

Dengan kata lain ini berarti pengakuan diplomatik atas Republik Siprus, yang ditolak Turki sejak invasi Turki ke Siprus dan pembagian pulau tersebut untuk negara Siprus Yunani dan Siprus Turki pada pertengahan 1970-an.

Kesepakatan migrasi antara Turki dan Uni Eropa pada tahun 2016 terdiri dari perjalanan bebas visa untuk warga negara Turki di wilayah Schengen. Namun kesepakatan itu belum dilaksanakan karena undang-undang anti-terorisme Turki, yang merupakan salah satu tolok ukur UE.

Laporan ini disetujui atas rekomendasi Komisi Eropa untuk keputusan Dewan Eropa yang mengesahkan pembukaan negosiasi untuk kesepakatan antara Uni Eropa dan Republik Turki mengenai persyaratan pertukaran data pribadi yang diperlukan untuk perjalanan bebas visa ke Eropa antara Badan Kerjasama Penegakan Hukum Uni Eropa (Europol) dan otoritas Turki yang kompeten.

About admin

Check Also

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *