Home / info dunia / Turki Kesal AS Tak Mau Jual Jet F-35

Turki Kesal AS Tak Mau Jual Jet F-35

Pemerintah Turki mengungkapkan kekecewaannya pasca Amerika Serikat enggan menjual Pesawat Tempur F-35 Lockheed Martin. Hal ini merupakan dampak dari RUU Kebijakan anyar Pertahanan AS yang dikeluarkan Komite Senat AS.

Penyebab dikeluarkannya kebijakan tersebut karena sikap Turki yang membeli sistem rudal s-400 dari Russia, sehingga membuat Senator AS berang dan memblokir pengiriman Jet Tempur F-35 Lockheed Martin ke Ankara.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa sikap Amerika Serikat memiliki dampak buruk. Apalagi Turki merupakan anggota NATO yang merupakan sekutu AS. Akibat kekesalan tersebut, Turki mengancam AS tak boleh mengakses pangkalan militer Incirlik.

“Ketika ada masalah ini, rakyat kami meminta tutup (pangkalan militer) Incirlik, basis AS. Kami sedang menunggu AS untuk mengubah keputusan yang salah tersebut,” ujar Mevlut.

Dirinya juga menyatakan bila AS tak mau memasok Jet Tempur F-35 maka pihaknya akan membeli jet tempur dari negara lain. Salah satu yang dilirik adalah Sukhoi Su-57 dari Russia yang memiliki kemampuan yang cukup baik.

“Turki bukan tanpa alternatif, kami mungkin akan membeli pesawar dari Russia atau negara NATO lainnya,” tutupnya.

 

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *