Home / info dunia / Tiga Peristiwa pada ’81 Ini Terulang pada ’18

Tiga Peristiwa pada ’81 Ini Terulang pada ’18

Jakarta, turkinesia.com — Di media sosial sudah viral tentang kabar tiga peristiwa penting pada 1981 yang terulang kembali pada tahun ini.

Ketiga peristiwa itu ialah terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia, pernikahan anggota Kerajaan Inggris Raya, dan final Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Real Madrid.

Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri
Tun dr. Mahathir Mohamad pertama kali menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia pada 16 Juli 1981.

Saat itu, Mahathir merupakan perdana menteri keempat. Ia menggantikan Hussein Onn. Karier keperdanamenteriannya berlanjut hingga 31 Oktober 2003. Penerusnya ialah Abdullah Ahmad Badawi.

Mahathir Mohamad berpidato dalam Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 25 September 2003. (foto: Syrenn/Wikimedia)

Pada 10 Mei 2018, Mahathir kembali menjabat sebagai perdana menteri. Sebagai suksesor Najib Razak, ia menjadi perdana menteri ketujuh. Mahathir yang saat ini berusia 92 tahun merupakan perdana menteri tertua sedunia.

Pernikahan Anggota Kerajaan Inggris Raya
Pada 29 Juli 1981, berlangsung peristiwa penting bagi keluarga Kerajaan Inggris Raya dan menarik perhatian masyarakat dunia. Peristiwa itu ialah pernikahan Pangeran Charles, putra sulung Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, dengan Diana Frances Spencer dari keluarga Spencer, salah satu keluarga bangsawan terbaik di Inggris. Pernikahan mereka diadakan di Katedral Santo Paulus, London.

Pasangan Pangeran Charles dan Lady Di (panggilan populer Diana Spencer) memiliki dua anak, yaitu Pangeran William (lahir pada 21 Juni 1982) dan Pangeran Harry (lahir pada 15 1984).

Sebagai putra sulung, Pangeran William telah menikah lebih dahulu dengan Catherine Elizabeth Middleton pada 29 April 2011. Kini, keduanya sudah memiliki tiga anak.

Namun, pernikahan anggota Kerajaan Inggris yang lebih marak hingga viral ialah pernikahan sang adik, Pangeran Harry (33) dengan Rachel Meghan Markle (36), seorang warga Amerika Serikat dan mantan aktris yang pernah menikah sebelumnya.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle berlangsung pada Sabtu lalu (19/5) di Kapel Santo George, Kastil Windsor, Berkshire.

Final Liga Champions Antara Liverpool dan Real Madrid
Puncak Liga Champions UEFA (dahulu: Piala Klub-Klub Juara Eropa atau Piala Eropa) 1980–1981 mempertemukan Liverpool dan Real Madrid. Bermodalkan enam piala sebelumnya, Real Madrid diunggulkan atas Liverpool yang baru meraih dua piala.

Partai final itu berlangsung pada 27 Mei 1981 di Stadion Parc des Princes, Paris. Tiada gol yang dicetak oleh kedua tim hingga babak pertama berakhir.

Pada 81′, Alan Kennedy (bek kiri Liverpool) sukses membobol gawang Real Madrid. Cukup dengan keunggulan 1-0, Liverpool menjuarai Piala Eropa ’81. The Reds mendapatkan piala ketiga mereka.

Reuni sang merah dan si putih terjadi di final Liga Champions 2017–2018. Kenangan pahit 37 tahun lalu itu, membuat Los Blancos berambisi membalas dendam dan ingin meraih piala ketiga belas mereka. Sementara itu, Liverpool yang sudah lama tidak menjadi finalis (terakhir pada 2007 dan itu pun kandas karena takluk oleh Milan yang membalas kekalahan mereka pada final 2005) hendak mewujudkan impian mereka kembali berjaya di Eropa dengan merengkuh piala keenam mereka.

Final kedua dua tim tersebut akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kyiv, Ukraina, pada 26 Mei 2018 pukul 21.45 waktu setempat atau Ahad (27/5) pukul 01.45 WIB. Siapakah yang akan menjadi pemenangnya saat ini? (r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *