Home / info indonesia / Tiga Hari Masa Tenang Pilkada, Bawaslu Patroli Politik Uang

Tiga Hari Masa Tenang Pilkada, Bawaslu Patroli Politik Uang

Turkinesia.com – Pada masa tenang Pilkada 2018, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melakukan patroli di seluruh wilayah Pemilihan Kepada Daerah mulai dari Minggu (24/6) hingga Selasa mendatang (26/6) sebagai antisipasi adanya praktik politik uang maupun pelanggaran lainnya di Pesta demokrasi daerah yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Dalam siaran Pers, Jumat (22/6) Bawaslu menyebutkan tujuan diadakan Patroli Pengawasan untuk menimbulkan efek kejut bagi pihak yang berniat melakukan praktik politik uang. Terlebih pada masa tenang hingga jelang pemilihan minggu depan.

Selain politik uang, potensi pelanggaran di masa tenang lain diidentifikasikan oleh Bawaslu berupa aktivitas kampanye, politisasi SARA, dan masih adanya alat peraga yang belum ditertibkan.

Patroli yang dilakukan serentak di provinsi maupun kabupaten/kota pelenggara pilkada selama tiga hari. Dilakukan oleh pengawas pemilu di semua tingkatan, mulai Bawaslu RI (dilakukan oleh ketua dan Sekretaris Jenderal Bawaslu beserta anggota), Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pengawas Lapangan (PPL), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan Patroli ini, jelas Bawaslu, bertujuan untuk menyatakan kesiapan pengawas dalam melakukan pencegahan atas potensi pelanggaran di masa tenang dan jelang hari pemungutan serta penghitungan suara.

Lain dari itu, penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 ini akan dilangsungkan pada 27 Juni 2018 mendatang. Sedangkan masa tenang Pilkada 24-26 Juni 2018.

About admin

Check Also

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *