Home / Info Turki / Sebelum Terkenal dengan Belanda, Bunga Tulip Berasal dari Turki

Sebelum Terkenal dengan Belanda, Bunga Tulip Berasal dari Turki

Awalnya hanya tumbuh di Pegunungan Pamir Asia Tengah dan Anatolia, Tulip sekarang sudah tersebar di seluruh dunia. Bunga tersebut telah menjadi simbol datangnya musim semi.

Dalam lansiran Anadolu, Bunga Tulip berasal dari Turki. Dari catatan sejarah Turki, Tulip menjadi tersebar karena dibawa oleh imigran asal Turki ke Asia Tengah sampai Anatolia. Dari mereka pula lah bagaimana cara merangkai bunga Tulip sebagai hiasan di rumah.

Sejak lama penduduk Turki menjadikan bunga tersebut sebagai inspirasi hidup, mulai dari karya sastra, kerajinan tangan sampai hiasan di mata uangnya. Meski begitu, saat ini jadi negara Belanda yang dikenal sebagai Negara Tulip, seperti terkutip dari CNN Indonesia.

Embed from Getty Images

Dalam perjalanan sejarahnya, Kepopuleran “Tulip Turki” sampai masuk ke Eropa pada pertengahan abad ke-15. Bibit bunga Tulip pertama kali dikirim oleh Dubes Ogier Ghislain de Busbecq, Kekaisaran Austro-Hungaria, dari wilayah tugasnya di Istanbul ke Wina hingga sampai pada akhirnya ke Belanda.

Di Belanda, Tulip jadi begitu populer dan sangat digemari. Setelah itu, bibitnya lalu dibawa ke Kanada dan Jepang hingga kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Setiap musim semi, negara-negara yang jadi habitat Bunga Tulip saat ini, pasti menyelenggarakan festival musim mekar bunga berwarna cerah tersebut.

Pada lansiran yang sama dari Anadolu, Bunga Tulip jadi simbol kemakmuran. Hal tersebut karena berhubungan erat dengan kerajaan Belanda dan Ottoman yang kaya raya.

“Di Belanda bunga ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sedangkan di Turki memiliki nilai budaya yang juga sama tingginya,” anggota Yayasan Tulip Istanbul, Ismail Hakki Gulal, dalam lansiran Anadolu, Minggu (29/4).

 

Source:

https://www.aa.com.tr/id/budaya/persembahan-turki-untuk-dunia-bunga-tulip/1110100

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180429082109-269-294451/asal-muasal-bunga-tulip-sebelum-hijrah-ke-belanda

About admin

Check Also

Turan Alkan, Wartawan Senior Turki Akhirnya Dibebaskan Dari Penjara

Turkinesia.com – Ahmet Turan Alkan, kolumnis surat kabar Zaman yang telah ditutup otoritas Turki, tiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *