Home / info dunia / Sebelum 24 Juni, Pemilu Turki di Luar Negeri Berlangsung Lebih Dahulu

Sebelum 24 Juni, Pemilu Turki di Luar Negeri Berlangsung Lebih Dahulu

Jakarta, turkinesia.com — Pemilihan umum kepresidenan dan parlementer bagi warga Turki yang tinggal di luar negeri sudah dimulai. Sedangkan, pemilu di Turki berlangsung pada 24 Juni.

Sekitar 3 juta warga Turki di enam puluh negara yang diperkirakan akan memilih sudah dapat memberikan suaranya sejak Kamis (7/6) hingga 24 Juni seperti di dalam negeri.

Enam kandidat bertarung dalam pemilu kepresidenan, dan delapan partai politik mengambil bagian dalam pemilu parlementer.

Menurut Dewan Pemilihan Umum Tertinggi Turki (Yüksek Seçim Kurulu, YSK), jumlah warga Turki di luar negeri yang berhak memberikan suaranya dalam pemilu adalah 3.049.065 orang.

Jumlah pemilih luar negeri tersebut hampir mencapai 5 persen dari total calon pemilih.

Pada pemilu kepresidenan pertama empat tahun lalu, jumlah pemilih luar negeri mencapai sekitar 8 persen.

Para pemilih luar negeri dapat memberikan suaranya di 123 tempat pemungutan suara (TPS) pada 7–19 Juni dan di 36 gerbang bea cukai pada 7–24 Juni.

Sebanyak 3.160 kotak suara telah dikirimkan untuk menampung surat suara pemilih luar negeri.

Berdasarkan regulasi pemilu, satu TPS luar negeri harus memiliki sedikitnya 500 pemilih agar dapat diadakan.

Sebelum adanya pemilu kepresidenan (2014), para pemilih luar negeri hanya dapat menyalurkan suaranya dalam pemilu parlementer di gerbang-gerbang bea cukai.

Sejak tahun ini, warga Turki yang berada di Malta, Moldova, dan Serbia sudah dapat memilih untuk pertama kalinya di negara kediaman masing-masing.

Pemilih luar negeri Turki dapat menyalurkan suaranya di 13 TPS di Jerman, 7 TPS di Amerika Serikat, 6 TPS di Prancis, 4 TPS di Rusia, Cina, Kanada, dan Yunani, serta 3 TPS di Australia, Austria, Azerbaijan, Belanda, Bulgaria, Iran, Kazakistan, dan Swiss.

Sementara itu, di Arab Saudi, Belgia, Georgia, Inggris, Irak, Italia, Kosovo, Mesir, Rumania, Spanyol, Ukraina, dan Uni Emirat Arab hanya terdapat dua TPS.

Kedutaan besar Turki di negara-negara berikut ini pun akan menyediakan TPS: Afrika Selatan, Albania, Aljazair, Bahrain, Bosnia Herzegovina, Ceko, Denmark, Finlandia, Irlandia, Israel, Jepang, Kuwait, Kyrgyzstan, Libanon, Luksemburg, Makedonia, Malta, Moldova, Norwegia, Oman, Polandia, Qatar, Rep. Turki Siprus Utara, Selandia Baru, Serbia, Singapura, Sudan, Swedia, Thailand, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Yordania.

Warga Turki di Asia Tenggara dapat mengunjungi Kedubes Turki di Singapura atau Thailand untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Pemilu akan berlangsung setiap hari (hari kerja dan akhir pekan) pada pukul 09.00 hingga pukul 21.00 waktu lokal negara masing-masing.

Jika pemilu kepresidenan berlangsung dua putaran, para pemilih dapat memilih lagi pada 30 Juni–4 Juli. (*/r)

About admin

Check Also

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *