Home / viral / Tips / Racikan obat alami untuk mengatasi maag

Racikan obat alami untuk mengatasi maag

penyakit maag merupakan penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam didalam lambung yang dapat menyebabkan luka di selaput lendir lambung. Penyakit ini datang karena seseorang yang telat makan sehingga asam lambung yang berfungsi untuk mengolah makanan tidak berkerja. Selain pola makan yang tidak teratur, penyakit maag disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas dan berminyak, merokok, terlalu banyak minum kopi atau alcohol bahkan stress dapat mengakibatkan penyakit itu terjadi. Biasanya penyakit maag diderita oleh orang yang terlalu sibuk sehingga tidak dapat mengatur jam makan dengan baik. Ciri-ciri penyakit maag adalah perut terasa kembung, mual, nyeri ulu hati, dan  sering bersendawa.
penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia kerap dijadikan  sebagai penawar rasa sakit maag, tetapi sebaiknya itu dihindarkan dan beralih pada obat-obatan alami yang jelas aman untuk tubuh. berikut adalah obat untuk penyakit maag secara alami :
1. Kunyit

Kunyit adalah obat herbal dan telah dikenal oleh masyarakat untuk mengobati penyakit maag. Zat yang terkandung dalam kunyit seperti kurkumin dan kurkuminoid  dan minyak atsiri  terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag.
cara penyajian : Ambil 2 ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras ambill sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

  1. Lidah buaya
    Lidah buaya termasuk sebagai obat alami untuk penyakit maag. Tanaman ini memiliki kandungan aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida yang baik untuk mengobati penyakit maag. Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Kandungan yang berkhasiat lain adalah Aloin dan Antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. lidah buaya juga mempunyai khasiat antiinflamasi. Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin.
    cara penyajian: Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang, Rebus hingga matang dengan air mendidih. Sajikan dengan madu sebagai pemanis alami.
  2. Pisang raja
    Pisang raja merupakan jenis pesing yang dapat digunakan sebagai obat maag. Hal itu disebabkan oleh zat yang terkandung dalam pisang raja bersifat antitukak peptik, Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.
    cara penyajian : pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan daging buah pisang. potong kecil-kecil seperti keripik lalu dijemur dengan diangin-anginkan saja, jangan di jemur langsung dengan sinar matahari. setelah kering lalu di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.
  3. Kacang hijau

Kacang hijau juga dapat berguna sebagai obat untuk penyakit maag. Kandungan dalam kacang ijo dapat
membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam lambung. cara penyajian : Bersihkan kacang hijau, lalu dikeringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus, Ambil satu sendak makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.
5. Susu kambing
Susu kambing juga berkhasiat sebagai obat maag, minum 200 ml susu kambing ketika maag menyerang. Zat yang terdapat pada Susu kambing  ini bersifat basa sehingga dapat menurunkan asam lambung.

About admin

Check Also

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *