Home / ekonomi / Peringati 60 Tahun RI-Jepang, Indonesia Week Digelar di Nagoya
foto: Media Center Kemenlu

Peringati 60 Tahun RI-Jepang, Indonesia Week Digelar di Nagoya

Indonesia Week digelar kembali untuk yang kedua kali, di Nagoya, tepatnya di Nagoya TV Tower. Acara tersebut digelar sebagai bentuk peringatan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang yang ke-60 tahun.

Dilansir dari siaran pers Kemenlu, Kegiatan Indonesia Week 3018 ini berlangsung selama tiga hari, 28-30 April 2018 di area Mochinoki Hiroba Nagoya. Acara yang digelar meliputi berbagai aktivitas seperti Bazaar kuliner, Pertunjukan Seni Budaya Indonesia, Pelatihan Batik, Parade Komunitas, Edu Talkshow, maupun Business Forum.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Arifin Tasrif, Duta Besar Indonesia untuk Jepang. Serta dari pihak tuan rumah, diwakili oleh Gubernur perfectur Aichi Hideaki Nomura.

“Merupakann sebuah momentum strategis kedua negara. Secara bersama-sama (serta) mengharapkan kemitraan yang semakin dinamis di masa depan,” sambut Arifin dalam dari siaran pers, Minggu (29/4/2018).

Sedangkan, Gubernur Hideaki Nomura menyampaikan rasa terima kasih kepada penyelenggara yang memilih Nagoya sebagai tempat dilangsungkannya kegiatan Indonesia Week tersebut. Ia pun menyampaikan bahwa Aichi memiliki hubungan kuat dengan Indonesia, terutama di sektor ekonomi.

“Populasi (warga, red-) Indonesia di (Nagoya) provinsi Aichi,  sekitar  6.000 orang.  Mereka yang berada  di perfektur ini  memiliki berbagai  latar belakang kegiatan,  seperti tenaga kerja,  sekolah atau kuliah,  dan ada pula yang  menikah dengan orang setempat,” ungkap Nomura.

Nomura pun sempat menyebutkan pertemuannya dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan pihak Kadin Indonesia di sela kunjungannya ke Indonesia beberapa bulan lalu. Kunjungan tugas tersebut turut membahas “potensi  kerja sama Aichi dan Indonesia di bidang ekonomi,” jelas Gubernur Nomura.

Toto Pranoto, Dewan Pembina ‘Be Indonesia’ terkait penyelenggaraan acara, dalam rangka perayaan hubungan diplomatik kedua negara yang ke-60 tahun terdapat tantangan untuk memanfaatkan momentum ini. Terlebih untuk memastikan bahwa kerja sama di masa depan sangat perlu penegasan komitmen kedua negara untuk menjalin persahabatan dan kerja sama untuk keuntungan bersama bagi generasi mendatang.

“Inisiatif menyelenggarakan Second Indonesia Week di Nagoya adalah sebagai bagian dari inisiatif People to People dalam merekatkan hubungan kedua negara. Event ini jadi kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan potensi kreatif dan pariwisata serta meningkatkan awareness (kepedulian) pihak Jepang terhadap berbagai potensi yang ditawarkan seluruh exhibitor yang tampil dalam event ini,” kata Toto yang juga sebagai Managing Director Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Source: Siaran Pers Kemenlu & https://ekbis.sindonews.com/read/1301689/34/60-tahun-ri-jepang-indonesia-week-di-nagoya-disambut-meriah-1524978302

About admin

Check Also

Siswa Berprestasi Muncul Dari Sekolah yang Diminta Tutup Erdogan

JAKARTA — Minggu lalu masyarakat Afganistan dikejutkan dengan desas-desus bahwa pemerintah Turki meminta agar salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *