Home / Info Turki / Nazar Boncuğu: Jimat Penyelamat Khas Masyarakat Turki

Nazar Boncuğu: Jimat Penyelamat Khas Masyarakat Turki

Jakarta, turkinesia.com — Nazar boncuğu atau blue eye merupakan jimat khas Turki untuk menangkal mata setan atau keburukan.

Jimat ini biasanya dibuat dengan kaca berbentuk bundar atau tetesan air; berwarna biru tua, putih, biru muda, dan hitam, kadang juga dengan pinggiran kuning/emas, bahkan ada pula warna-warna yang lain dengan pola serupa.

Pola nazar boncuğu dapat diaplikasikan pada berbagai produk dengan bahan yang berbeda-beda, seperti perabotan, perhiasan, pakaian, dan kendaraan.

Anda dapat menjumpai pola si mata biru di seluruh Turki. Di rumah-rumah Anda akan menemukannya mulai dari di depan pintu hingga segala perabotan mereka.

Para wanita biasanya suka mengenakan aneka perhiasan (anting, kalung, cincin, dan gelang) berpola nazar boncuğu. Orang tua memakaikan peniti dan pakaian dengan pola jimat itu kepada anak-anaknya demi perlindungan buah hati mereka.

Bahkan, di kendaraan mereka pun, mulai dari sepeda hingga pesawat terbang, terdapat jimat penyelamat tersebut.

Selain sebagai jimat, blue eye pun dijadikan sebagai suvenir dengan berbagai bentuk dan bahan. Turis domestik maupun internasional dapat membelinya sebagai jimat sebagaimana keyakinan mereka atau hanya sebagai kenang-kenangan khas Turki.

Karena kepopulerannya, nazar boncuğu dapat ditemukan di negara lain, seperti gambar di atas. Patung berbentuk jimat khas Turki itu berada di Belanda. Selain itu, yang terbaru gambar jimat unik Turki ini dijadikan sebagai emoji dalam daftar emoji 11.0 yang rilis secara resmi pada 5 Juni 2018. (r)

Baca juga: Nazar Boncuğu Khas Turki Muncul dalam Daftar Emoji Baru

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *