Home / Info Turki / Media Swasta Turki pun Meminimalisasi Ulasan terhadap Oposisi

Media Swasta Turki pun Meminimalisasi Ulasan terhadap Oposisi

İstanbul, turkinesia.com — Media swasta Turki mulai meniru media milik negara, seperti TRT, dalam mengurangi ulasan tentang oposisi.

Berdasarkan penelitian terkini terhadap kanal-kanal berita Turki yang dilansir oleh surat kabar Cumhuriyet, Ahad (27/5), bukan hanya media penyiar mikik negara TRT, melainkan juga media swasta yang telah meminimalisasi alokasi atau bahkan tidak sama sekali bagi partai-partai politik oposisi dan para kandidat presiden mereka.

Dua anggota Dewan Tertinggi Radio dan Televisi Turki (RTK), İsmet Demirdğen dan İlhan Taşı, memeriksa siaran kanal-kanal Tv antara 1 hingga 25 Mei. Keduanya yang juga merupakan utusan dari Partai Rakyat Republik (CHP) membandingkan ulasan masing-masing kanal tentang partai-partai politik.

Menurut penelitian tersebut, kanal swasta CNN Trk dan NTV mengulas CHP dan calon presidennya, Muharrem İnce, selama 22 jam, 12 menit, dan 54 detik, sedangkan partai berkuasa AKP dan sekutunya, MHP, sebanyak 70 jam, 13 menit, dan 5 detik.

Secara terpisah, NTV mengulas Partai İYİ “Baik” dan kandidat presidennya, Meral Akşener, hanya 17 menit, 22 detik; bahkan CNN Trk tidak pernah menyebut mereka dalam siaran beritanya.

Penelitian itu pun berfokus pada salah satu kanal berita TRT, yakni TRT Haber. Sejak 1 hingga 25 Mei, CHP dan İnce mendapatkan jatah ulasan 3 jam, 38 menit, dan 26 detik, sedangkan AKP dan MHP memiliki masa ulasan 31 jam, 24 menit, dan 59 detik.

Sementara itu, Partai İYİ dan Akşener hanya diulas 9 menit, 30 detik saja oleh TRT Haber. Kanal itu hanya menyiarkan ulasan berita tentang kampanye Akşener di Provinsi Mersin pada 6 Mei.

Ketiga kanal berita di atas sama sekali tidak menyebutkan Selahattin Demirtaş dari Partai Rakyat Demokratik (HDP) dan Temel Karamollaoğlu dari Partai Kesejahteraan (SP) dalam siaran berita masing-masing.

Para capres oposisi telah mengkritisi TRT atas ketimpangan dalam mengulas berita sejak kampanye mereka dimulai.

Pada 26 Mei, Akşener berjanji akan menjual media milik negara TRT saat berpidato dalam kampanyenya di Provinsi orum. Ia marah atas ulasan TRT terhadap kampanyenya yang lalu di Kayseri yang disiarkan hanya 38 detik.

Pada hari yang sama, İnce menyatakan bahwa ia akan menyelenggarakan kampanye di depan kantor pusat TRT di Ankara untuk menekankan apa yang ia sebut sebagai praktik-praktik ketidakadilan TRT.

Lebih mengejutkan lagi, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa suatu pertemuan yang membahas manifesto politik Presiden Erdoğan dan partainya, AKP, telah disiarkan secara langsung oleh 12 kanal Tv selama lebih dari 4 jam. (*/r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *