Home / info indonesia / LAPAN Bangun Observatorium Bosscha Kedua di Timur Indonesia

LAPAN Bangun Observatorium Bosscha Kedua di Timur Indonesia

Turkinesia.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memulai pembangunan fasilitas observatorium yang berlokasi di pegunungan Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Diklaim bahwa nantinya observatorium antariksa di NTT ini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Dilansir Antaranews, Sabtu (07/07), Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) LAPAN Ir. Jasyanto mengatakan pembangunan fasilitas observatorium akan berada di pegunungan Timau dan akan menjadi babak baru keantariksaan Indonesia.

Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, tambahnya, akan mencanangkan lokasi di Timau sebagai situs Observatoriuam Nasional dan Taman Nasional Langit Gelap sekaligus meresmikan nama Observatorium Timau.

Proyek ini merupakan kerjasama antara LAPAN dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, beserta Pemerintah Kabupaten Kupang.

Nantinya, fasilitas observatorium antariksa di pegunungan Timau ini dilengkapi teleskop optik dengan diameter 3,8, yang saat ini merupakan salah satu fasilitas modern dunia antariksa.

Pembangunan infrastruktur itu untuk meningkatkan partisipasi Indonesia Timur dalam dunia keantariksaan serta diprediksi akan menjadi peluang pariwisata tematik di timur Indonesia ini.

Lain dari itu, Indonesia sebetulnya sudah ada pusat pengamatan antariksa di kawasan Bandung, Jawa Barat, sudah yang sudah dipadati pemukiman penduduk sehingga LAPAN memilih Kawasan pegunungan Timau untuk lokasi yang lebih kondusif dan strategis.

About admin

Check Also

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *