Home / Info Turki / Kartunis Ini Dihukum Penjara karena Dianggap “Menghina” Erdoğan

Kartunis Ini Dihukum Penjara karena Dianggap “Menghina” Erdoğan

İstanbul, turkinesia.com — Seorang kartunis, Nuri Kurtcebe (69), ditahan dan dikirim ke penjara pada Senin (4/6) karena “menghina” Presiden Recep Tayyip Erdoğan menurut laporan surat kabar Cumhuriyet.

Penasihat hukum Kurtcebe, Ahmet Erdem Akyüz, mengatakan bahwa pengadilan memvonisnya hukuman penjara selama satu tahun, dua bulan, dan 15 hari atas karikaturnya tentang Erdoğan pada 2015.

Kartun Kurtcebe yang diperkarakan itu terbit dalam surat kabar Aydınlık.

Pengajuan banding ke pengadilan yang lebih tinggi telah ditolak dan perintah penahanan terhadap Kurtcebe sudah diterbitkan, lanjut Akyüz.

Kurtcebe ditahan oleh pasukan jandarma di sebuah pos pemeriksaan di barat laut Provinsi Yalova. Ia dikirim ke penjara setelah berlangsung prosedur formal di sebuah kantor polisi lokal.

Kurtcebe menjadi artis kesekian yang dipenjara di Turki karena “menghina” sang presiden dalam beberapa bulan belakangan.

Pada April 2018, seorang penyanyi musik daerah, Suavi, divonis hukuman penjara 11 bulan dan 20 hari karena “penghinaan” terhadap Presiden. Namun, hukuman itu akhirnya diganti dengan denda sebesar ₺14.000 atau senilai $3.415.

Seorang penyanyi yang lain sekaligus seorang aktris, Zuhal Olcay, pun divonis hukuman penjara 10 bulan pada Maret karena “menghina” Erdoğan. (r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *