Home / viral / Tips / Ini Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ini Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Kesehatan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Diperlukan keseriusan untuk tetap menjaga kesehatan kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan seperti yang gaya hidup sehat, pola makan yang teratur serta selalu berlatih olahraga.

Saat ini sulitnya untuk mendapatkan udara yang segar. Polusi udara dari asap kendaraan bermobil, asap perokok, atau bahkan asap yang disebabkan oleh pembakaran hutan untuk membuka lahan.

Sedih ketika usaha yang telah dilakukan selalu menemukan hambatan atau bahkan cenderung sia-sia. Ketika mengingkan hidup sehat, namum apa yang terjadi kalau kita bukanlah seorang perokok namun kita harus menghirup asap rokok. Paparan asap rokok sudah sulit untuk dihindari.

Lalu, bagaimana kita dapat menjaga kesehatan paru-paru dengan terus menghirup udara bersih. Apa yang mesti dilakukan agar dapat menjaga kesehatan paru-paru kita.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi atau efek negatifnya bagi tubuh menurut dokter spesialis paru dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Agus Dwi Susanto yang dikutip dari kompas.com

  1. Gunakan Masker,dengan menggunakan masker setidaknya dapat mengurangi paparan udara yang masuk ke dalam tubuh. Namun tidak semua masker memilki kemampuan untuk memfilter yang baik.
  2. Memulai Aktivitas Lebih Pagi.

Menurut dokter agus, memulai aktivitas lebih pagi, seperti berangkat ke kantor lebih pagi, maka paparan polusi udara semakin sedikit, artinya udara pagi cenderung masih bersih.

  1. Berjalan-jalan di Tengah Udara Segar

Sempatkan diri anda untuk berjalan-jalan di tengah udara segar, misalnya pergi di taman ataupun ke pegunungan, agar paru-paru dapat menghirup udara lebih segar dan membantu membersihkan paru dari polusi udara yang kotor. Lakukan kegitan tersebut minimal satu minggu sekali.

  1. Pola Hidup Sehat

Selain ketiga hal tersebut, yang terpenting adalah melakukan pola hidup yang sehat. Berhenti melakukan kebiasaan merokok. Pola makan harus teratur dan makan yang mengandung antioksidan agar dapat melawan dari radikal bebas polusi udara.

Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui, empat hal yang dapat dilkukan kita dalam kehidupan sehari-hari agar dapat tetap menjaga kesehatan paru-paru.

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *