Home / info dunia / Indonesia Jadi Negara Pertama Kunjungan Mahathir Muhammad Sejak Memimpin Malaysia

Indonesia Jadi Negara Pertama Kunjungan Mahathir Muhammad Sejak Memimpin Malaysia

Turkinesia.com – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sudah tiba di ndonesia sejak Kamis (28/06) 18.00 WIB kemarin. Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertamanya semenjak kembali memangku posisi tertinggi di pemerintahan Malaysia.

Dr M, sapaan akrabnya, berada di Indonesia selama dua hari hingga Jumat (29/06). Disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menko Polhukam Wiranto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Alasan yang melatarbelakangi kunjungan dinas pertama PM Malaysia ke Indonesia ini, Arrmanatha Nasir, Juru Bicara Kemenlu RI mengatakan terkait hubungan dua yang saling tetanggaan ini telah berjalan harmonis sejak lama.

“Indonesia salah satu negara terdekat dengan Malaysia, dan telah lama menjalin hubungan baik. Hal yang wajar jika ada pergantian pemimpin, maka kedua kepala negara akan saling mengunjungi satu sama lain,” ujar Pak Tata, sapaan akrabnya, saat diwawancarai para awak media di Ruang Pers Kemenlu, Kamis (28/06).

Presiden RI Joko Widodo juga, tambah Tata, menaruh rasa hormat terhadap kepemimpinan seniornya, Mahathir Mohamad. Alhasil tidak ada alasan bagi Presiden Jokowi untuk tidak menyambut Dr M saat mengunjungi negaranya.

Pada pertemuan bilateral di Istana Bogor pada Jumat, 29 Juni 2018, kedua pemimpin membahas tiga garis besar isu kedua negara, antara lain peningkatan kerja sama perdagangan, perlindungan tenaga kerja Indonesia di Malaysia, dan komitmen perdamaian antar kawasan.

Perihal terpilihnya kembali dilantik Dr. M sebagai perdana menteri Malaysia pertanggal 10 Mei 2018 lalu, menjadikan pria yang berusia 92 tahun sebagai pemimpin tertua di dunia.

Terkait usia tersebut, banyak pihak di negeri Jiran yang khawatir tentang kesehatan perdana menterinya tersebut dan kemampuannya untuk menjalankan tugas negara, ia pun menjawabnya dengan sedikit humor namun ditegas.

“Ada dua tipe usia. Pertama dalam terminologi tahun dan satu lagi tubuh. Sejauh tentang kesehatan, saya belum pikun.”

About admin

Check Also

Siswa Berprestasi Muncul Dari Sekolah yang Diminta Tutup Erdogan

JAKARTA — Minggu lalu masyarakat Afganistan dikejutkan dengan desas-desus bahwa pemerintah Turki meminta agar salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *