Home / info indonesia / Gunung Agung Bali Kembali Erupsi, Selasa (03/07)

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi, Selasa (03/07)

Turkinesia.com – Gunung Agung mengalami erupsi kembali pada Selasa pagi (03/07). Sebelumnya, Gunung berapi aktif yang berada di pulau Bali ini sehari sebelumnya (Senin, 02/07) pun mengeluarkan magma dengan sifat erupsi secara strombolian dengan suara dentuman.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi (KPDI) dan Humas BNPB mengatakan Erupsi gunung Agung bersifat eksplosif yang melontarkan batu pijar disebabkan oleh tekanan dari dalam kawah.

“Erupsi terjadi secara Strombolian dengan suara dentuman. Erupsi bersifat eksplosif melontarkan batu pijar karena ada tekanan dari dalam kawah. Sifat magma yang lebih cair dibandingkan letusan tahun lalu juga menyebabkan mudahnya terjadi lontaran batu pijar,” katanya dalam lansiran detikcom.

Mengenai karakteristik erupsi strombolian ini merupakan salah satu jenis erupsi gunung berapi dengan semburan lava pijar dari magma yang dangkal. Umumnya terjadi pada gunung api aktif yang berlokasi di tepi benua atau di tengah benua.

Istilah tipe strombolian berasal dari kata Stromboli, nama gunung api di pulau Stromboli Italia, Mediterania. Ciri-ciri erupsi strombolian dengan adanya erupsi-erupsi kecil dari gas dan serpihan magma. Material letusan Stromboli akan jatuh kembali ke dalam kawah atau di sekitar bibir kawah. Jika terjadi pada erupsi yang lebih besar, lava mengalir ke lereng di sekitarnya.

Gunungapi tipe strombolian mempunyai kawah, biasanya berbentuk lingkaran. Lereng gunung tersusun dari batuan yang berasal dari lava itu sendiri.

Mengenai letusan kedua gunung Agung ini menghasilkan semburan lava panas menyebar hingga mencapai dua kilometer. Hasil dari lontaran lava tersebut membuat area puncak dan lereng gunung Agung mengalami kebakaran.

About admin

Check Also

Siswa Berprestasi Muncul Dari Sekolah yang Diminta Tutup Erdogan

JAKARTA — Minggu lalu masyarakat Afganistan dikejutkan dengan desas-desus bahwa pemerintah Turki meminta agar salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *