Home / Info Turki / Gara-Gara Judul Artikel, Seorang Editor Ditahan

Gara-Gara Judul Artikel, Seorang Editor Ditahan

İstanbul, turkinesia.com — Seorang editor ditahan karena judul artikel “Kita Dapat Menghentikan Kediktatoran”.

Ali Ergin Demirhan, seorang editor situs web berita kritis sendika.org, telah ditahan untuk sementara pada Senin (28/5) karena sebuah artikel berjudul “Kita Dapat Menghentikan Kediktatoran” yang dilansir Januari lalu di Sendika.

Artikel itu menyinggung rezim Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Demirhan mengabarkan penahanan terhadap dirinya melalui akun Twitter pribadinya, Senin (28/5), dengan mengatakan, “Artikel kami berjudul ‘Kita Dapat Menghentikan Kediktatoran’ telah dianggap sebagai propaganda teroris. Saya pun ditahan.”

Ia dibebaskan setelah memberikan testimoni kepada jaksa.

Sang editor ditahan oleh staf polisi di kantor Sendika di İstanbul atas tuduhan bahwa ia telah menebarkan propaganda teroris.

Artikel yang terbit pada 11 Januari itu menyerukan kepada publik agar mengatur dan menggabungkan kekuatan untuk menentang rezim diktator, yang dibentuk di Turki oleh Erdoğan.

Para pengkritik menuding keras Presiden Erdoğan sedang menciptakan kekuasaan absolut seorang pemimpin di Turki, meniadakan pembagian kekuasaan, dan membungkam perbedaan pendapat.

Dengan lebih dari 250 jurnalis dan karyawan media yang dipenjara, Turki berada pada posisi ke-157 dari 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia 2018 yang rilis April lalu oleh Wartawan Tanpa Batas (RSF). Turki turun dua tingkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-155.

Menurut RSF, pascaupaya kudeta Juli 2016, pembersihan atau penyisihan Turki meliputi penyisihan jurnalis. Rezim memberedel puluhan media, memenjara puluhan jurnalis tanpa pengadilan, sehingga menjadikan Turki sebagai penjara terbesar sedunia bagi awak dan petinggi media. (*/r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *