Home / Info Turki / Festival Kakava, Perayaan Tahunan Turki keturunan Roma

Festival Kakava, Perayaan Tahunan Turki keturunan Roma

Kakava merupakan festival budaya yang rutin digelar di Turki tiap tahunnya.

Dimana peserta acara yang hadir berkumpul merakukan tari-tarian dan nyanyi-nyanyian sembari melingkari sebuah api unggun besar yang berkobar. Lalu setelah api unggun menjadi bara, sebagian besar pemuda melakukan aksi melompati bara api unggun tersebut.

Festival Kakava ini dilangsungkan sehari penuh di bagian barat kota Edirne dan Kirklareli, Turki. Festival budaya ini sebagai bentuk peringatan dan rasa syukur bagi masyarakat setempat akan kejadian berhasil lolosnya masyarakat Roma dari Kejaran Pharaoh (Firaun) penguasa Mesir pada masa itu.

Embed from Getty Images

Dari berbagai sumber, berdasarkan cerita mitologi dan kepercayaan kaum Gypsy/Roma pada saat itu, Kakava merupakan peringatan rasa syukur bagi masyarakat Roma yang berhasil selamat menyeberangi Laut Merah, dan mengengelamkan sang Pharaoh yang mengejar mereka.

Mitologi ini berkaitan erat dengan kisah seorang nabi yang dipercayai oleh tiga agama samawi di bumi; Islam, Kristen, dan Yahudi. Sedangkan nama nabi tersebut adalah nabi Musa as.

Diceritakan, bahwa nabi Musa as beserta kaumnya memutuskan lari dari penahanan Pharaoh (Firaun), dan dengan mukzijatnya nabi Musa as mengetukkan tongkatnya untuk dapat membuat jalan di laut Merah dengan selamat. Sementara saat Pharaoh (Firaun) berada ditengah lautan, air laut kembali tertutup dan akhirnya menenggelamkan Pharaoh (Firaun) dan pasukan-pasukannya.

Festival Kakava ini telah ditetapkan sebagai festival Internasional, yang dilangsungkan setiap tahun pada tanggal 7 Mei. Setelah acara dari pagi hingga sore dilangsungkan di Sarayici, dan dihidangkan makanan berupa nasi pilaf dengan porsi sekitar 5.000 orang dilanjutkan acara malam hingga larut di Bank Tunca River.

 

Berbagai sumber

About admin

Check Also

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *