Home / ekonomi / Ekonomi Indonesia Stabil, S&P Beri Rating BBB-/A-3

Ekonomi Indonesia Stabil, S&P Beri Rating BBB-/A-3

Kondisi ekonomi Indonesia diprediksi akan stabil dalam beberapa waktu ke depan, hal ini membuat Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor’s (S&P) mempertahankan sovereign credit rating Indonesia di level BBB-/A-3 dengan outlook stabil dalam laporannya hari ini.

Mengutip laporan S&P,  lembaga tersebut mempertahankan rating Indonesia karena melihat pada adanya recovery pada harga komoditas seperti migas, CPO dan pertambangan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tiga hingga empat tahun ke depan juga menjanjikan dengan didorong oleh perbaikan infrastruktur.

“Peningkatan yang dihasilkan dalam penerimaan anggaran dan ekspor seharusnya menjaga metrik fiskal dan eksternal tetap stabil bahkan ketika pengeluaran investasi tetap ada,” tulis S&P dalam laporannya, Kamis (31/5/18).

Selain itu, utang pemerintah juga berada di level yang relatif rendah dan performa fiskal pemerintah yang moderat. Namun S&P juga menyatakan Indonesia masih memiliki kelemahan kredit utama, yakni ekonomi yang masih dalam level lower middle income dan sebagai eksportir komoditas, Indonesia rentan terhadap faktor eksternal.

S&P memperkirakan defisit fiskal bakal berada di bawah 2,5% dari PDB pada tahun ini meskipun ada subsidi tambahan. Adapun utang pemerintah diperkirakan tetap berada di bawah 30% dari PDB, jauh dari batas yang diperkenankan yang mencapai 60%.(BA)

About admin

Check Also

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *