Home / Info Turki / Ebru: Ciri Turki sejak Utsmaniyah

Ebru: Ciri Turki sejak Utsmaniyah

İstanbul, turkinesia.com — Ebru merupakan metode mewarnai dan/atau mencoret desain berpermukaan cair yang dapat menciptakan pola-pola tertentu seperti memolesi (mewarnai) marmer atau batu-batu serupa yang lainnya (paper marbling) di Turki.

Pola-pola itu merupakan hasil dari warna yang mengambang di atas air biasa atau larutan kental (yang dikenal sebagai size atau lapisan pelindung) dan kemudian dengan cermat, dipindahkan ke permukaan yang menyerap, seperti kertas atau tekstil.

Ebru menggunakan getah tragacanth (bahasa Turki: kitre), yakni getah dari spesies-spesies tumbuhan polong Asia Barat dari genus Astragalus.

Walaupun berbagi latar belakang sejarah yang sama dengan paper marbling di Iran (Persia) dan India (Kesultanan Mughal dan Kesultanan-Kesultanan Dekkan), ebru yang sudah ada sejak Kesultanan Utsmaniyah itu sangat populer di dunia internasional dan menjadi ciri Turki. (*/r)

About admin

Check Also

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *