Home / Info Turki / Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat
foto: twitter.com/RSF_tr

Dua Cuitan Akun Twitter Organisasi Jurnalis Independen Turki Diblok Otoritas Setempat

Turkinesia.com – Seorang hakim untuk Pengadilan Perdamaian Persekutuan Ketiga Istanbul, pada hari Selasa (10/10) waktu setempat, memutuskan untuk memblokir akses Internet ke cuitan akun twitter Turki’s Journalists Union (@tgs_org_tr) dan Reporters Without Borders (@rsf_tr) yang menyatakan solidaritas kepada seorang jurnalis yang sedang menjalani persidangan karena memberitakan tentang bisnis ‘surga pajak’ (tax havens) dari seorang menteri Turki.

Menteri keuangan Turki yang baru Berat Albayrak (Menantu Erdogan), sebelumnya menteri energi, telah mengajukan pengaduan pidana terhadap jurnalis harian Cumhurriyet, Pelin Ünker terkait pemberitaan pada November 2017 tentang bisnis Albayrak dan saudaranya di lepas pantai yang diungkapkan oleh Panama Papers mengekspos hubungan bisnis politisi dunia dengan tax havens.

Laporan Ünker mencakup kronologis Albayrak dan saudaranya saat awal 2000-an sebagai eksekutif dengan Çalık Holding.

Selain saudara-saudara Albayrak, putra kedua Perdana Menteri Binali Yıldırım pun merupakan salah satu pemilik perusahaan lepas pantai tersebut.

Seminggu kemudian, seorang hakim Peradilan Pinalti 4 İstanbul memerintahkan untuk blokir akses Internet ke berita-berita tersebut. Albayrak juga mengajukan tuntutan pidana terhadap wartawan yang melaporkan tentang Panama Papers, termasuk Ünker.

Cuitan TGS dan RSF mengajak kolega untuk menghadiri sidang pertama dalam persidangan Ünker untuk menunjukkan dukungan terkait hak menggunakan kebebasan berekspresi.

“Bapak. Pak Menteri, selamat atas pekerjaan barumu. … Anda tidak bisa membungkam kami. Sampai jumpa di pengadilan, ”TGS tweeted pada hari Selasa setelah keputusan hakim.

Mantan Menteri Energi Albayrak, baru-baru ini diangkat sebagai menteri keuangan oleh ayah mertuanya, Presiden Receop Tayyip Erdoğan.

About admin

Check Also

[Video Viral] Supir Bis Mengemudi Sambil Main Ponsel di Turki

Tersebar viral video seorang pengemudi bis umum di Turki berkendara dengan kecepatan tinggi sambil memainkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *