Home / ekonomi / Dengan Kucuran Dana Asing, Bisakah Turki Mengatasi Jatuhnya Nilai Tukar Lira?
foto: Istimewa

Dengan Kucuran Dana Asing, Bisakah Turki Mengatasi Jatuhnya Nilai Tukar Lira?

Turkinesia.com – Dana Asing sudah mulai mengalir pasca kekhawatiran internasional terkait kebijakan moneter Turki. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek dalam wawancara siaran Teve Kanal7, Minggu (03/06).

“Kekhawatiran atas kebijakan moneter sudah tertolong. Dana masuk sudah dimulai,” seperti transkrip dari Reuters.

Lira, mata uang Turki jatuh 10 persen mendekati 20 persen pada akhir semester kedua 2018 ini. Yang berimbas pada meningkatnya suku bunga Bank Sentral Turki (TCMB) dari 13,5 persen menjadi 16,5 persen.

Baca juga: [Mengapa Lira Turki Merosot terhadap Dolar AS?]

Kekhawatiran Investor di Turki pun muncul karena kebijakan Bank Sentral Turki tersebut. Ditambah lagi Presiden Erdogan telah menegaskan akan memperketat kebijakan moneter selepas pemilihan umum Turki 24 Juni 2018 mendatang.

Meski kucuran dana asing tersebut telah dikonfirmasi, Moody, perusahaan internasional di bidang credit ratings, riset, dan analisis pada Jumat, (01/06) telah mengeluarkan rilis terkait penurunan rating investasi di Turki. Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa tingkat keamanan investasi di Turki pada level Ba2 (red; dianggap sedikit di bawah tingkat aman investasi) yang dipengaruhi kekhawatiran terkait manajemen ekonomi dan pengikisan kepercayaan dari investor.

Sedangkan perusahaan riset investasi terkemuka lainnya, Fitch memposisikan poin negatif setelah mengamati 25 bank-bank Turki. Rilis tersebut pun dikeluarkan pada hari yang sama, Jumat (01/06).

Lain dari itu, kebijakan lain presiden yang oleh Majalah Le Point disebut diktator tersebut pun menambah kekhawatiran investor. Yakni pemerintah Turki bakal segera mengusir penyedia transportasi online Uber, keluar dari negaranya.

Baca juga: [Erdogan Larang Uber Demi Menangkan Pemilu?]

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *