Home / ekonomi / BI Proyeksikan Ekonomi 2019 Tumbuh 5,2% hingga 5,6%

BI Proyeksikan Ekonomi 2019 Tumbuh 5,2% hingga 5,6%

Bank Indonesia masih memproyeksikan perekonomian domestik bertumbuh stabul pada tahun depan. Bank Sentral tersebut memperkirakan pertumbuhan ekonomi domestik pada tahun depan di level 5,2% hingga 5,6%. Asal tahu saja, proyeksi ini sebenarnya lebih rendah ketimbang proyeksi sebelumnya yang diperkirakan akan berkisar antara 5,4% hingga 5,8%.

Selain itu BI juga memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS pada tahun depan akan berkisar Rp 13.800 hingga Rp 14.000 per Dolar AS. Jumlah tersebut juga menciut dari sebelumnya Rp 13.700 hingga Rp 14.000 per Dolar AS. Namun inflasi diperkirakan akan sama pada tahun depan di level 3,5% plus minus 1%.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dalam rapat dengan Banggar DPR hari ini (31/5/18) menyampaikan bahwa pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan investasi dan kinerja ekspor yang membaik.

Namun saat ini masih ada tantangan bagi perekonomian domestik, salah satunya dari pengaruh eksternal, seperti nilai tukar rupiah dan perang dagang AS dengan Cina. Dirinya memastikan kebijakan jangka pendek bersama pemerintah akan dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Selain itu, kebijakan jangka menengah dengan menyiapkan empat langkah prioritas untuk mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi juga disiapkan. Keempatnya adalah kebijakan makroprudensial, akselerasi pendalaman pasar keuangan, sektor perumahan dan peningkatan pembiayaan infrastruktur dari swasta.

About admin

Check Also

Jubir Pemerintah: Urusan Lira Turki Tidak Akan Mengubah Hasil Pemilihan Umum

Ankara, turkinesia.com — Juru bicara Pemerintah Turki menyatakan bahwa urusan Lira Turki tidak akan mengubah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *