Home / ekonomi / Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi pemerintahan barunya, memicu kegelisahan investor terkait dapatkah menenangkan pasar keuangan oleh pemerintah.

Albayrak akan bertanggung jawab atas kementerian kekayaan dan keuangan baru, menggantikan Mehmet Simsek, Wakil Perdana Menteri, mantan bankir Merrill Lynch, dan Menteri Keuangan Naci Agbal. Investor menganggap keduanya sebagai counterweights yang ramah pasar terhadap bias pertumbuhan di bawah Erdogan yang telah membebani sentimen.

Lira turun 3,8 persen menjadi 4,7488 per dolar, memperpanjang salah satu slide terbesar di pasar negara berkembang tahun ini. Albayrak menjabat sebagai menteri energi sejak 2015.

Dilansir dari Bloomberg, Investor khawatir bahwa pihak berwenang tidak berkomitmen untuk mengurangi stimulus selama berbulan-bulan yang menggelembungkan defisit akun.

Tekanan politik pun sempat terjadi pada bank sentral untuk tidak menaikkan suku dalam menghadapi percepatan inflasi yang juga telah memicu kekhawatiran tentang independensi pembuat kebijakan.

About admin

Check Also

Filantropi Berusia 86 Tahun Turut Ditahan dengan Dugaan Terkait Gerakan Gulen

Turkinesia.com – Pengusaha Turki berusia delapan puluh enam tahun Celal Afşar ditangkap, pada Kamis (05/07) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *