Home / info dunia / Benarkah Bakso Swedia Berasal dari Turki?

Benarkah Bakso Swedia Berasal dari Turki?

Jakarta, turkinesia.com — Sebagai salah satu makanan nasional, Bakso Swedia, dinyatakan berasal dari negara lain, yaitu Turki.

Akun resmi Twitter Swedia yang dikelola oleh tim sweden.se (@Sweden.se) mengungkapkan sebuah fakta pada 28 April lalu bahwa bakso Swedia sebenarnya berdasarkan sebuah resep Raja Charles XII yang ia bawa pulang dari Turki pada awal abad ke-18.

Apa saja yang Anda pikirkan tentang kekhasan Swedia? Mulai dari grup musik ABBA yang fenomenal hingga IKEA yang terkini, bukan.

Lalu, bagaimana dengan makanan khas mereka? Sebagian besar akan menyebut bakso Swedia.

Sejumlah media Turki bereaksi terhadap cuitan tersebut. Mereka menyorotinya sebagai sebuah “pengakuan”. Bahkan, mereka menggarisbawahi bahwa ada beberapa produk lain yang dibawa dari Turki.

AA mengutip Annie Linna Mattson, seorang peneliti Swedia dari Universitas Uppsala, yang mengklaim bahwa resep bakso bukan satu-satunya produk yang dibawa dari Turki oleh sang Raja, melainkan juga biji kopi dan makanan berbungkus kubis gulung yang disebut Kldolmar di Swedia.

Raja Charles berkuasa sejak 1697 hingga wafat pada 1718. Setelah kalah perang dari Rusia, ia tinggal di Bender, dekat Moldova yang saat itu merupakan bagian dari Kesultanan Utsmaniyah.

Sebelumnya, warga Turki sudah menghubung-hubungkan bakso Swedia dengan produsen dan peritel perabot rumah tangga IKEA sejak toko pertamanya dibuka pertama kali di Turki pada 2005.

Akun-akun warga Turki begitu gembira atas kiriman di Twitter itu. Mereka berterima kasih atas sikap @swedense mengakui fakta tersebut.

Sementara itu, warga Swedia tidak menyukai kabar itu. Komentar-komentar negatif bermunculan.

Mereka tidak percaya, mempertanyakan keabsahan sumbernya. Bahkan, sebagian dari mereka malu atas kenyataan tersebut. (*/r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *