Home / info dunia / Bangsa Indonesia Menjadi Wakil Asia Pertama yang Berlaga di Piala Dunia

Bangsa Indonesia Menjadi Wakil Asia Pertama yang Berlaga di Piala Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Delapan puluh tahun yang lalu, tim sepak bola Hindia Belanda (kini: tim nasional Indonesia) memelopori negara-negara Asia berpartisipasi dalam putaran final Piala Dunia (PD).

Walaupun sudah merdeka dari Belanda dan menjadi Republik Indonesia, timnas Indonesia dipertimbangkan oleh FIFA sebagai suksesor tim Hindia Belanda yang ikut PD 1938.

Pada 5 Juni 1938, bangsa Indonesia menantang timnas Hungaria di Kota Reims, Prancis. Namun, partisipasi mereka dalam PD edisi ketiga itu kandas setelah takluk enam gol tanpa balas.

Format knockout langsung yang digunakan pada saat itu menjadikan laga kontra Hungaria sebagai satu-satunya pertandingan yang pernah dimainkan oleh Indonesia. Mereka pulang ke Tanah Air. Sejak saat itu, Timnas belum pernah tampil lagi dalam putaran final PD.

Sementara itu, setelah memenangi laga melawan Hindia Belanda, Hungaria mampu bertahan hingga mencapai laga Final bertemu Italia. Namun, timnas Italia masih lebih unggul dari mereka. Berkat menang 4-2, Gli Azzurri sukses meraih trofi PD kedua mereka. (*/r)

About admin

Check Also

Sabiha Gökçen: Pilot Tempur Wanita Pertama di Dunia

Jakarta, turkinesia.com — Sabiha Gökçen (lahir di Bursa pada 22 Maret 1913 dan wafat di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *