Home / info dunia / 500 Pendatang Diselamatkan Otoritas Spanyol dari kapal yang menuju Eropa
Refugees and migrants rescued by members of the Spanish NGO Proactiva Open Arms (Felipe Dana/PA)

500 Pendatang Diselamatkan Otoritas Spanyol dari kapal yang menuju Eropa

Otoritas Spanyol selamatkan kurang lebih 500 pendatang dari puluhan kapal yang berusaha melintasi laut Tengah akhir pekan lalu. Kapal tersebut memang menuju Eropa dari berbagai negara di Afrika Utara dan sub-Sahara.

Penyelamatan tersebut dilakukan setelah pesawat dan helikopter penyelamat menemukan kapal yang sedang berada di perairan Spanyol.

Dilansir dari Antaranews, pada Sabtu (26/05) waktu setempat, dari sembilan kapal yang ditemukan, Spanyol menyelamatkan hampir 300 pendatang dan pada Minggu sore (27/05) waktu setempat sekitar 250 pendatang diselamatkan lagi dari delapan kapal. Dari delapan kapal tersebut, tiga di antaranya dalam keadaan buruk lalu kemudian tenggelam.

Jumlah imigran ke Spanyol melalui laut (dari Afrika Utara), baik dari selat Gibraltar ataupun laut Alboran, meningkat drastis beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dipengaruhi penurunan imigran (via Libya) yang datang ke Italia dan Yunani. Sepanjang 2017, Sekitar 19.000 orang (meningkat 182% dari 2016) melakukan penyeberangan laut.

Frontex, Badan Perbatasan Eropa mengungkapkan pada Januari 2018, bahwa pihaknya memperkirakan peningkatan imigrasi tidak teratur ke Spanyol tahun ini karena faktor penggunaan kapal cepat (Speedboat).

About admin

Check Also

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *