Home / info indonesia / 11 Titik Panas di Aceh, BMKG: Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan
foto: metrotvnews.com

11 Titik Panas di Aceh, BMKG: Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan

Turkinesia.com – 11 titik panas terdeteksi satelit di Aceh. Hal dari publikasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu (06/06).

Dilansir dari Antaranews, Zakaria Ahmad, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang menyatakan 11 titik panas tersebut tersebar di lima kabupaten/kota di Aceh terkosentrasi di bagian Barat-Selatan provinsi Nangroe Aceh Darusallam tersebut.

Delapan titik berada di Aceh Selatan (tersebar di dua kecamatan), Empat titik di Bakongan, dua titik di Trumon, dan dua titik panas lainnya di Bireun (Kec. Peudada). Tiga titik panas sisanya, masing-masing tersebar di Subulussalam, Aceh Jaya, dan Pidie Jaya.

Tingkat kepercayaan tangkapan satelit tersebut, tambahnya, sekitar 59 persen hingga 89 persen. Munculnya delapan titik panas tersebut diduga akibat kebakaran lahan dan hutan, enam di Aceh Selatan dan dua titik di Bireun.

Kebakaran lahan terjadi sejak awal pekan lalu ini, semakin meluas diakibatkan karena meningkatnya cuaca terik saat memasuki musim kemarau.

Selain Aceh, hampir seluruh Pulau Sumatra mengalami kemunculan titik panas. Ditaksir sekitar 79 titik panas tersebar di pulau paling barat Indonesia ini.

Paling banyak berada di Riau, yakni 23 titik, Kemudian, Bengkulu dengan 18 titik, Sumatera Utara dengan 14 titik, Aceh dengan 11 titik, Jambi dengan 4 titik, Sumatera Selatan 4 titik, Sumatera Barat 2 titik, dan satu titik di Lampung dan Bangka Belitung.

About admin

Check Also

Siswa Berprestasi Muncul Dari Sekolah yang Diminta Tutup Erdogan

JAKARTA — Minggu lalu masyarakat Afganistan dikejutkan dengan desas-desus bahwa pemerintah Turki meminta agar salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *