Home / info dunia / 100 Pengungsi Libya Tenggelam di Pantai Timur Tripoli, Libya

100 Pengungsi Libya Tenggelam di Pantai Timur Tripoli, Libya

Turkinesia.com – Sekitar 100 orang diduga tenggelam di lepas pantai barat Libya saat upaya pencegatan dari petugas pantai Libya.

Dilansir dari Reuters, seorang petugas penjaga pantai mengatakan dari sekitar 100 orang tenggelam tersebut mereka (para penjaga pantai) telah mengentaskan 14 penyintas dari perahu yang tenggelam itu di wilayah timur ibu kota Tripoli, Libya. Di dua kapal lainnya, penjaga pantai telah mencegat 200 pengungsi di timur Tripoli.

Libya jadi salah satu tempat keberangkatan utama bagi pengungsi, yang mencoba menyeberang ke Eropa lewat laut. Para pengungsi itu biasanya hanya dengan menggunakan perahu kecil tipis, didapat dari penyelundup, yang sering bocor atau pecah untuk upayanya menyeberangi benua ke wilayah Eropa.

Tetapi saat ini semakin banyak yang berhasil dicegat penjaga pantai Libya berkat dukungan European Union dan akhirnya memaksa mereka kembali ke Libya.

Mengenai gelombang migrasi manusia tersebut, keberangkatan melonjak sejak 2014, ketika perang Libya memburuk, lebih dari 650.000 pengungsi berupaya menghindarinya dengan cara menyeberangi laut Tengah.

Namun, sejak Juli lalu pergerakan jumlah migrasi tersebut melambat, dikarenakan jaringan penyelundupan di pantai laut Tengah Libya alami gangguan dari tekanan berat Italia.

Pada 2018 ini, tercatat hanya lebih dari 11.400 kedatangan dari Libya terdaftar di kementerian dalam negeri Italia, berkurang 20-an persen dari tahun 2016 dan 2017.

About admin

Check Also

Berat Albayrak, Menantu Erdogan Diangkat Jadi Menteri Keuangan, Lira Turki Anjlok Lagi

Lira Turki jatuh setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengangkat menantunya, Berat Albayrak, sebagai Menteri Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *